Teknologi Informasi dan Komunikasi 1D-IAN STISIP-SU
- Helmygia Meisa |
[ID] INDONESIA
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Administrasi Publik dan Pemerintahan :
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan TIK untuk mendukung proses administrasi publik yang efisien, transparan, dan akuntabel.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sesuai SN-DIKTI:
- Sikap dan Tata Nilai : Mahasiswa mampu menunjukkan integritas, etika kerja, dan tanggung jawab sosial dalam penggunaan TIK di sektor publik.
- Pengetahuan : Mahasiswa memahami konsep dasar TIK, e-Government, manajemen data publik, dan sistem informasi pemerintahan.
- Keterampilan Umum : Mahasiswa mampu mengoperasikan perangkat lunak administrasi, mengelola dokumen digital, dan menerapkan sistem informasi manajemen publik.
- Keterampilan Khusus : Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan solusi TIK untuk pelayanan publik, pengarsipan digital, dan komunikasi antar instansi.
Relevansi dalam Dunia Kerja Pemerintahan :
- Digunakan dalam e-Government, sistem informasi kepegawaian, pengelolaan arsip digital, dan pelayanan publik berbasis teknologi.
- Mendukung transparansi, efisiensi, dan akuntabilitas dalam birokrasi.
- Menjadi syarat kompetensi dalam jabatan fungsional ASN dan pengelolaan sistem informasi daerah.
Standar Akreditasi dan ISO :
- Akreditasi BAN-PT dan LAMSPAK : Mata kuliah ini mendukung pemenuhan standar kurikulum berbasis KKNI dan SN-DIKTI.
- ISO 9001:2015 (Manajemen Mutu) : Implementasi TIK dalam administrasi publik harus sesuai dengan standar mutu internasional, termasuk dokumentasi, pengendalian proses, dan evaluasi sistem informasi.
[EN] ENGLISH
Information and Communication Technology in Public Administration and Goverment :
This course equips students with the knowledge and skills to utilize ICT in supporting efficient, transparent, and accountable public administration processes.
Graduate Learning Outcomes (GLO) based on SN-DIKTI :
- Attitudes and Value : Students demonstrate integrity, work ethics, and social responsibility in applying ICT in the public sector.
- Knowledge : Students understand basic ICT concepts, e-Government, public data management, and government information systems.
- General Skills : Students operate administrative software, manage digital documents, and apply public management information systems.
- Specific Skills : Students design and implement ICT solutions for public services, digital archiving, and inter-agency communication.
Relevance to Government Work :
- Applied in e-Government, civil service information systems, digital archiving, and tech-based public services.
- Supports transparency, efficiency, and accountability in bureaucracy.
- Required for functional civil servant roles and regional information system management.
Accreditation and ISO Standards :
- BAN-PT Accreditation and LAMSPAK : This course fulfills curriculum standards aligned with KKNI and SN-DIKTI.
- ISO 9001:2015 (Quality Management) : ICT implementation in public administration must comply with international quality standards, including documentation, process control, and system evaluation.
Course Information
Objektif Mata Kuliah TIK
[ID] INDONESIA
Tujuan Umum :
Mata kuliah TIK bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi digital yang relevan dan aplikatif dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel.
Tujuan Khusus :
- Menguasai keterampilan dasar dan lanjutan TIK untuk pengelolaan data, dokumen, dan komunikasi dalam lingkungan birokrasi.
- Menerapkan sistem informasi manajemen publik seperti e-Government, SIMDA, SIPKD, dan aplikasi pelayanan publik berbasis digital.
- Meningkatkan efisiensi kerja dan pelayanan publik melalui pemanfaatan perangkat lunak produktivitas (MS Office, Google Workspace), sistem basis data, dan platform kolaboratif.
- Memahami prinsip keamanan informasi dan privasi data sesuai dengan regulasi pemerintah dan standar ISO/IEC 27001.
- Mendukung pencapaian SN-DIKTI dalam aspek penguasaan pengetahuan, keterampilan kerja umum, dan keterampilan kerja khusus.
Keterkaitan dengan SN-DIKTI dan Capaian Lulusan :
- Sesuai dengan Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015, TIK mendukung standar proses pembelajaran dan standar kompetensi lulusan.
- Capaian lulusan mencakup kemampuan menggunakan teknologi informasi secara efektif dalam konteks profesional, serta berkomunikasi dan berkolaborasi secara digital dalam tim kerja pemerintahan.
- Kesesuaian dengan Akreditasi dan ISO.
- Dalam akreditasi BAN-PT maupun LAMSPAK, TIK mendukung kriteria kurikulum, pembelajaran, dan luaran pendidikan.
- Sesuai dengan ISO 9001:2015, TIK berperan dalam peningkatan mutu proses administrasi dan pengelolaan dokumen digital yang terstandarisasi.
[EN] ENGLISH
General Objective :
The ICT course aims to equip students with relevant and applicable digital competencies to support effective, transparent, and accountable governance in public administration.
Specific Objectives :
- Master basic and advanced ICT skills for managing data, documents, and communication within bureaucratic environments.
- Apply public sector information systems such as e-Government platforms, financial and administrative systems (SIMDA, SIPKD), and citizen service applications.
- Enhance work efficiency and public service delivery using productivity software (MS Office, Google Workspace), databases, and collaborative platforms.
- Understand information security and data privacy principles in accordance with government regulations and ISO/IEC 27001 standards.
- Support SN-DIKTI learning outcomes in knowledge mastery, general work skills, and specific professional competencies.
Alignment with SN-DIKTI and Graduate Outcomes :
- In accordance with *Permenristekdikti No. 44 of 2015, ICT supports the national standards for learning processes and graduate competencies.
- Graduate outcomes include the ability to effectively use ICT in professional contexts and digitally communicate and collaborate within government teams.
- Compliance with Accreditation and ISO Standards.
- Under BAN-PT accreditation, ICT contributes to curriculum quality, learning effectiveness, and educational outcomes.
- In line with ISO 9001:2015, ICT supports quality improvement in administrative processes and standardized digital document management.
Gambaran Perkuliahan Secara Umum
[ID] INDONESIA
Kerangka Umum Perkuliahan TIK :
- Durasi per pertemuan : 90 menit
- Total semester : 4 semester
- Pendekatan kurikulum : Outcome-Based Education (OBE) sesuai SN Dikti dan Kampus Merdeka
- Standar mutu : Mengacu pada ISO 21001 (Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan), BAN-PT dan LAMSPAK
- Model pembelajaran : Student-centered learning, berbasis praktik dan studi kasus
Struktur Pembelajaran per Semester :
Semester 1 : Microsoft Word & Dasar Komputer
- 10 menit awal : Latihan mengetik menggunakan Typing Master
Materi utama :
- Pengenalan antarmuka Word
- Format dokumen, tabel, dan gambar
- Penulisan akademik dan surat resmi
- Penutup : Diskusi masalah teknis dasar (misalnya, kesulitan mengetik, format dokumen)
Semester 2 : Microsoft Excel
- 10 menit awal : Latihan mengetik lanjutan
Materi utama :
- Rumus dasar dan fungsi logika
- Grafik dan analisis data
- Simulasi laporan keuangan sederhana
- Penutup : Identifikasi kesulitan dalam pengolahan data
Semester 3 : Microsoft PowerPoint
- 10 menit awal : Latihan mengetik dengan fokus kecepatan dan akurasi
Materi utama :
- Desain slide profesional
- Animasi dan transisi
- Presentasi akademik dan bisnis
- Penutup : Evaluasi kemampuan presentasi dan kendala teknis
Semester 4 : Integrasi & Ujian Kompetensi
- 10 menit awal : Finalisasi kemampuan mengetik
Materi utama :
- Studi kasus lintas aplikasi (Word, Excel, PowerPoint)
- Proyek kelompok berbasis masalah nyata
- Ujian kompetensi berbasis praktik
- Penutup : Konseling teknologi dan refleksi pembelajaran
Pendekatan Pedagogis :
- Pembelajaran aktif : Diskusi, simulasi, dan praktik langsung
- Penilaian formatif dan sumatif : Tugas mingguan, proyek akhir, dan ujian kompetensi
- Keterlibatan dosen : Memberikan perhatian khusus di akhir sesi untuk mendalami masalah teknologi yang dialami mahasiswa
Kesesuaian dengan Standar Nasional & Internasional :
- SN Dikti | Capaian pembelajaran berbasis KKNI dan CPL
- Kampus Merdeka | Pembelajaran berbasis proyek dan studi kasus
- BAN-PT | Penilaian berbasis luaran dan keterampilan digital
- ISO 21001 | Manajemen mutu pembelajaran dan evaluasi berkelanjutan
Note : Gambaran rencana perkuliahan diatas tidak bersifat final, dan dapat berubah sesuai dengan kebijakan yang berlaku.
[EN] ENGLISH
General Framework for ICT Courses :
- Duration per session : 90 minutes
- Total semesters : 4 semesters
- Curriculum approach : Outcome-Based Education (OBE) in accordance with the SN Dikti and Kampus Merdeka
- Quality standards : Refers to ISO 21001 (Educational Organization Management System), BAN-PT and LAMSPAK
- Learning model: Student-centered learning, based on practice and case studies
Learning Structure per Semester :
Semester 1 : Microsoft Word & Computer Basics
- First 10 minutes : Typing practice using Typing Master
Main material :
- Introduction to the Word interface
- Document, table, and image formats
- Academic writing and formal letters
- Closing: Discussion of basic technical issues (e.g., typing difficulties, document formatting)
Semester 2 : Microsoft Excel
- First 10 minutes : Advanced typing practice
Main material :
- Basic formulas and logical functions
- Graphs and data analysis
- Simple financial report simulation
- Closing: Identifying difficulties in data processing
Semester 3 : Microsoft PowerPoint
- First 10 minutes : Typing practice with a focus on speed and accuracy
Main material :
- Professional slide design
- Animations and transitions
- Academic and business presentations
- Closing: Evaluation of presentation skills and technical challenges
Semester 4 : Integration & Competency Exam
- First 10 minutes : Finalizing typing skills
Main material :
- Cross-application case studies (Word, Excel, PowerPoint)
- Real-world problem-based group projects
- Practice-based competency exam
- Closing: Technology counseling and learning reflection
Pedagogical Approach :
- Active learning: Discussions, simulations, and hands-on practice
- Formative and summative assessment: Weekly assignments, final projects, and competency exams
- Lecturer involvement: Special attention at the end of the session to explore technology issues experienced by students
Compliance with National & International Standards :
- SN Dikti | Learning outcomes based on KKNI and CPL
- Independent Campus | Project-based learning and case studies
- BAN-PT | Outcome-based assessment and digital skills
- ISO 21001 | Learning quality management and continuous evaluation
Note: The course plan above is not final and may change according to applicable policies.
Metode Perkuliahan
[ID] INDONESIA
Metode Perkuliahan :
Mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dirancang untuk:
- Melatih kecepatan dan ketepatan mengetik, menggunakan aplikasi Typing Master.
- Menguasai Microsoft Office Word, Excel, dan PowerPoint, melalui modul praktik dan video pembelajaran seperti:
- Word: membuat dokumen resmi, surat dinas, laporan.
- Excel: pengolahan data, grafik, dan analisis statistik.
- PowerPoint: presentasi kebijakan, laporan kinerja, dan sosialisasi publik.
Menggunakan LMS (Learning Management System) :
- Mengakses materi kuliah.
- Mengikuti kuis dan tugas online.
- Diskusi forum dan pengumpulan tugas.
Tujuan Umum dan Khusus :
- Umum : Meningkatkan literasi digital dan keterampilan kerja berbasis teknologi.
- Khusus di bidang Administrasi Publik dan Ilmu Pemerintahan :
- Mampu menyusun dokumen kebijakan dan laporan publik secara profesional.
- Mengelola data kependudukan, anggaran, dan pelayanan publik dengan Excel.
- Menyampaikan informasi kepada masyarakat atau stakeholder melalui presentasi PowerPoint yang efektif.
Kegiatan Pendukung
- Simulasi mengetik cepat dengan target WPM (Words Per Minute).
- Tugas proyek : membuat laporan kebijakan, analisis data pelayanan publik.
- Presentasi kelompok : menyampaikan hasil analisis kebijakan menggunakan PowerPoint.
- Diskusi online di LMS untuk membahas isu-isu aktual dalam pemerintahan.
[EN] ENGLISH
Lecture Method :
The ICT course focuses on :
- Training typing speed and accuracy, using Typing Master software.
- Mastering Microsoft Office Word, Excel, and PowerPoint, through practical modules:
- Word: creating official documents, memos, and reports.
- Excel: data processing, charts, and basic statistics.
- PowerPoint: presenting policies, performance reports, and public outreach.
Using LMS (Learning Management System) :
- Accessing course materials.
- Completing quizzes and assignments.
- Participating in forums and submitting tasks.
General and Specific Goals :
- General : Enhance digital literacy and tech-based work skills.
- Specific to Public Administration and Government Studies.
- Draft professional policy documents and public reports.
- Deliver effective presentations to citizens and stakeholders.
Supporting Activities :
- Typing speed simulations with WPM targets.
- Project assignments : policy reports, public service data analysis.
- Group presentations : policy analysis using PowerPoint.
- Online discussions via LMS on current government issues.
Coaches
Helmygia Meisa
